Breaking News

Khotmul Qur’an dan Haul Almagfurullah TGH Yusuf Abdussatar ke 5, Membumikan Al-Qur’an di Bumi Sasak

Giri Menang - Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada pendiri Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar, Dusun Karang Bedil Utara, Desa Kediri, Kecamatan Kediri Lombok Barat, Almagfurullah TGH Yusuf Abdussatar, Ponpes tersebut menggelar acara Haul yang ke 5 pada Sabtu (27/1/2024). Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Khotmul Qur’an atau Khataman Al Qur’an yang telah berlangsung selama 15 hari, mulai dari tanggal 14-27 Januari 2024.


Kegiatan Khotmul Qur’an dan Haul ini mengusung tema “Membumikan Al-Qur’an di Bumi Sasak” yang menggambarkan visi dan misi Ponpes Yusuf Abdussatar dalam menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an kepada santri dan masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri dan santriwati Ponpes Yusuf Abdussatar, serta Ponpes yang didirikan oleh para alumni. Tak hanya itu, para alumni Ponpes Yusuf Abdussatar yang berada di Indonesia maupun di luar negeri juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.


Ketua panitia kegiatan Haul, Ustadz M Nayif Abdul Basit.,SH., menjelaskan bahwa kegiatan Haul Muassis Ponpes Yususf Abdussatar diawali dengan safari Khotmul Quran yang dilaksanakan di 14 titik yang tersebar di seluruh Pulau Lombok, di pulau Jawa, dan bahkan di luar negeri seperti Mekkah Almukarramah, Mesir, Yaman, dan Swiss. “Dan kegiatan ini juga dilaksanakan oleh para alumni yang sedang menuntut ilmu di berbagai daerah dan luar negeri. Dimana peserta di masing-masing titik berjumlah 10-15 orang,” ujarnya.


Selain itu, Khotmul Qur’an juga dilakukan di pondok pesantren yang berada di bawah asuhan dan bimbingan para alumni, seperti Yayasan Ponpes Miftahul Mujahidin, Yayasan Pendidikan Hamalatul Qur’an Lombok, dan di seluruh masjid-masjid sepulau Lombok. “Kegiatan Khotmul Qur’an ini dimulai dari tanggal 14-27 Januari 2024 dan berakhir dengan acara puncak. Dan khotmul Qur’an Bil Gaib yang diikuti oleh seluruh santri putra dan alumni asrama putra tahfidzul Qur’an Yusuf Abdussatar,” tambahnya.


Ustadz M Nayif Abdul Basit mengatakan bahwa pelaksanaan Khotmul Qur’an ini mendapatkan apresiasi dari seluruh masyarakat yang berada di daerah yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana. “Harapan besar dari rangkaian acara ini adalah tidak lain dan tidak bukan semata-mata membumikan Al-Qur’an di gumi sasak ini dan manca negara sesuai dengan tema kegiatan ini. Semoga kita semua menjadi bagian daripada ahlullah wa khosatuh. Amin Ya Rabbal Alamin,” harapnya.


Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh civitas Ponpes, mulai dari Pembina Pondok Pesantren TGH.Abdul Basit Yusuf, TGH. Azmil Umur Lc., MA. Ketua Yayasan Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar TGH. Ahmad Khidir Khualid, LC.MA dan seluruh dewan guru di lingkungan Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar, serta pengurus Asrama Putra dan Putri Tahfidzul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar.


Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara Haul Almagfurullah TGH Yusuf Abdussatar dan Khotmul Qur’an dari awal hingga akhir. Dan ia juga menyampaikan terima kasih kepada lapisan masyarakat yang telah mendukung acara Haul TGH Yusuf Abdussatar dan TGH Khuwailid Yusuf Abdussatar. “Mudah-mudahan segala bentuk dukungan kita semua atas terselenggaranya acara ini dibalas oleh Allah SWT dengan sebaik-baik balasan di dunia dan akhirat,” katanya.


Ponpes Yusuf Abdussatar berdiri sejak tahun 1995. Ponpes ini didirikan oleh TGH Yusuf Abdussatar, TGH Ahmad Khuailid Yusuf, dan TGH Abdul Basit Yusuf, TGH Bukhari Zaenal, Dr H Baehaqi Saat ini, Ponpes tersebut membuka pendidikan formal seperti TK Islam, MI, MTs, MA, dan SMK dengan jumlah santri dan santriwati kurang lebih 2-3 ribu. Santri dan santriwati yang nyantri atau mondok tinggal di Asrama sebanyak 1200 orang.


Program yang menjadi unggulan Ponpes ini adalah Tahfizul Qur’an atau menghapal Al-Qur’an. Program ini dibuka sejak awal-awal Ponpes ini didirikan sejak 28 tahun silam. Sehingga, Ponpes ini terkenal sebagai salah satu Ponpes yang mengutamakan hafalan Al-Qur’an.

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close