Breaking News

Berkah Pemilu, Percetakan Keciprat Omset Naik hingga puluhan persen


Lombok Barat - Masa kampanye, baik Pemilu maupun Pileg, memang selalu diidentikkan dengan baliho, banner dan spanduk yang tersebar di sepanjang jalanan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.


Hal ini juga yang biasanya menjadi masa panen bagi para pelaku usaha percetakan.

Pasalnya, para calon legislatif maupun tim sukses ramai-ramai mencetak banner, spanduk,stiker,specimen bahkan kalender dan APK lainnya demi keperluan kampanye dan juga sosialisasi kepada masyarakat.



Berkah ini juga turut dirasakan, Percetakan alprit yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Keluruahan Dasa Geres Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat tepatnya di Depan BPJS Lombk Barat



Sri Wahyuni (31), Owner Percetakan yang merupaka salah satu percetakan terbesar di Lombok Barat ini mengaku menjadi salah satu percetakan yang kebanjiran order pembuatan baliho, spanduk dan banner dari para calon legislatif (Caleg).


Beberapa pegawai pun tengah sibuk menyusun tumpukan banner, sementara lainnya sibuk melakukan pengecekan hasil banner yang sudah di-print.


Terkait jam kerja, kata dari Ibu M.Alfatih dan Nazirah Rahman itu bahwa kerja sistem sif, bahkan ada yang lembur sampai pagi karena menghabiskan cetaan yang masih tersisa padaa hari itu.


"Alhamdulillah pesanan yag masuk bia dikatakan meningkat karena event lima tahunan. Rata-rata mereka memesan spanduk dan banner untuk keperluan sosialisasi maupun kampanye," katanya saat dibincangi Jumat (14/12/2023).


Bahkan, lanjut kata mantan operator disalah satu sekolah SD ini, ada juga pesanan dari Tim sukses pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) walaupun tidak banyak.


"Pemesan ada juga di luar Lombok seperti Sumbawa, bima dompu,  dan kita kirim lewat ekpedisi," ucapnya.


Ia mengaku bahwa pesanan dari para Caleg ini sudah mulai masuk sejak bulan Septemberk.

Bahkan beberapa caleg sudah mencetak spanduk, kartu nama, branding mobil, kaos, gantungan kunc, dan alat peraga lainya.



"Rata-rata yang pesanan itu datang dari para caleg ya, kalau untuk capres dan cawapres tidak terlalu banyak."uangkapnya. 


Kalau masalah ukuran yang dipesan, tergatung pemesan ada yang ukura 2x3 sampai ukuran 1x1.5 untuk baliho dan ukuran 1x2-1x3 untuk spanduk.



"Sudah mulai ramai pesanannya ini sejak awal-awal bulan September," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, khusus untuk caleg kita hargakan 16 ribu/meter-20 ribu/meter (tergatung bahan dipakai) karena calegkan tidak mungkin pesan sedikit.”ungkapnya.


saat ditanya masalah cara pesan untuk paracaleg. Ya tentunya kami tidak berani memperhutangkan karena takutnya caleg yang kalah kita juga kalah.


“Sudah ada pengalaman, tahun sebelumnya dikasih berhutang dan mereka kalah, mereka tidak mau bayar, ya sampai sekarang tidak bayar, “ungkapnya.  


Kalau untuk omset, menurutnya, dari hari biasa meningkat 10 kali lipat,.


"Alhamdulillah memasuki gelaran pesta demokrasi lima tahun sekali ini, usaha kami ikut juga merasakan dampaknya."


"Saya ucapkan terimakasih kepada para pelanggan yang sudah mempercayakan cetakannya ke alprit ," tuturnya.

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close