Breaking News

Pemkab Lobar dan Bea Cukai Gelar Sosialisasi Rokok Ilegal Pada Cara Jelajah Lingkar Rinjani Lobar


Lombok Barat - Berbagai langkah dilakukan oleh Pemkab Lobar dan Bea Cukai Mataram untuk menekan dan mengurangi peredaran Rokok ilegal di Wilayah Kabupaten Lombok Barat. Setelah melakukan berbagai langkah dan upaya penegakan hukum, Pemkab Lobar dalam hal ini dinas pariwisata Lobar bersama Bea Cukai Mataram menggelar sosialisasi terkait rokok ilegal. Dalam Kegiatan sosialisasi ini Bea Cukai Mataram mengajak Gempur Rokok Ilegal dalam acara Jelajah Lingkar Rinjani 2023 di Kawasan Hutan Tahura Nuraksa, Narmada, Lombok Barat, Ahad 21 Mei 2023.

Kegiatan Jelajah Lingkar Rinjani sendiri bertujuan untuk memperkenalkan jalur pendakian baru dari Lombok Barat, tepatnya melalui Dusun Kumbi yang berada di Desa Pakuan menuju Gunung Rinjani. Diawali dengan pendakian tim ekspedisi pada 13/05, puncak acara berlangsung pada 21/05 yang diramaikan oleh bazaar UMKM desa Pakuan, pameran foto dari komunitas phonegraphy, hingga Festival Musik Alam yang menampilkan musisi-musisi lokal dan kegiatan sosialisasi gempur rokok ilegal.

Dalam paparan sosialisasinya, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Mataram, Adi Cahyanto, mengajak masyarakat setempat untuk menggempur rokok ilegal. “Peran serta dari pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama Bea Cukai dalam menggempur rokok ilegal sangat penting. Ayo kita sama sama gempur rokok ilegal" tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Adi Cahyanto juga menyampaikan tentang ciri ciri rokok ilegal. Ia mengatakan bahwa terdapat 4 ciri rokok ilegal antara lain tidak dilekati dengan pita cukai (rokok polos), dilekati dengan pita cukai palsu, dilekati dengan pita cukai bekas, dan/atau dilekati dengan pita cukai yang tidak sesuai peruntukannya. "Ayo kita bersama sama jauhi rokok ilegal karena merugikan diri kita sendiri dan merugikan negara. Ayo Gmpur Rokok Ilegal"ujarnya.


Sementara itu Bupati Lombok Barat, H.Fauzan Khalid yang menghadiri acara tersebut secara langsung, mengapresiasi Bea Cukai Mataram dan berbagai pihak yang telah mendukung pengembangan pariwisata di Kab. Lombok Barat. Bupati Lombok Barat juga mengingatkan agar semua pihak membantu upaya menekan peredaran rokok ilegal karena tidak menghasilkan penerimaan negara.

Apresiasi disampaikan juga kepada tim jelajah Lingkar Rinjani dalam usahanya mencari jalur baru untuk menjadi rute pendakian menuju Gunung Rinjani dari Lombok Barat. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Asisten I dan Asisten II Setda Lombok Barat, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Polsek Narmada, Pejabat dari Bank NTB Lombok Barat, dan beberapa Kepala Desa sekitar.

Diharapkan jalur pendakian baru dari Lombok Barat ke Rinjani nantinya dapat meningkatkan aktivitas perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya wilayah sekitar Lombok Barat. 

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close