Breaking News

Rakor Satu Data, Bupati Fauzan : Data Sangat Penting Untuk Pembangunan


Lomnok Barat -  Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat Melaksanakan
Rakor Satu Data dalam upaya tata kelola data yang berkualitas untuk pembangunan efektif dan berkelanjutan dalam mewujudkan Lobar Satu Data.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Jayengrane, Selasa (14/3/2023). Kegiatan hadiri langsung oleh Bupati Lombok Barat, Kepala BPS, Kepala OPD dan Camat Se-Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid Menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik dan positif menata data data tentang Lombok Barat.

Bupati Fauzan mengatakan bahwa data ini sangat dibutuhkan dalam melakukan perencanaan pembangunan.
Selain itu hal ini juga dibutuhkan dalam melaksanakan program dan kegiatan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

"Data ini pentinh untuk menentukan arah kebijakan pembangunan yang tepat. Pemerintah dituntut untuk dapat menyerap dan mengakomodir aspirasi masyarakat, serta menterjemahkan fenomena dan menginventarisir nya kedalam data secara yang akurat dan berkualitas" ujarnya.

Bupati mengatakan bahwa hal ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk mewujudkan tata kelola data yang efektif, akurat, terbuka, dan akuntabel. Hal ini sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan Jelasnya.

“Kualitas perencanaan yang efektif ditentukan dari kualitas data,Seperti data statistik,jumlah Penduduk , dan keuangan yang akan dikelola didalam satu sistem Aplikasi yaitu SI-WARTA ( Sistem Warung Data)  beserta data kependudukan dan data pembangunan lainnya dimaksudkan untuk menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pengendalian pembangunan, dan selayaknya harus tepat guna dan tepat sasaran, sehingga secara efektif dan efisien bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan optimal, yang menjadi ukuran mendasar dari hasil pembangunan yang dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat, Ahad Legiarto menyampaikan dalam upaya mewujudkan tata kelola data yang berkualitas Pemerintah Kabupaten Lombok Barat Melalui dinas Kominfo akan terus mengoptimalkan penyelenggaraan Satu Data Lobar melalui penyediaan, kuantitas dan kualitas data.

Hal ini sekaligus sebagai pendorong laju pembangunan di Kabupaten Patut Patuh Patju ini. Ia mengatakan bahwa Melalui Satu Data Lombok Barat diharapkan  dapat menyelaraskan program antar-sektor.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat merumuskan prioritas program dan kegiatan, untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang lebih efektif bagi masyarakat, dan mampu menjawab tantangan lingkungan yang dinamis,” tambahnya


Dalam rakor ini bertindak selaku pemateri antara lain Kepala Bappeda ada Kepala Dinas Kominfo Lobar Ahad Legiarto ST. M eng dan Kepala Badan Pusat Statistik Lobar lr. lalu Supratman.
Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Badan Pusat Statistik Lombok Barat.

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close