Breaking News

Wabup Lobar Hj Sumiatun Serahkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir Bandang


Lombok Barat -  Pemerintah Daerah Kab. Lombok Barat menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Desa Buwun Mas dan Desa Persiapan Pengantap. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun didampingi oleh Kepala BPBD Kab. Lobar Mahnan, Kadis Sosial, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sekretaris Dinas PU, dan Forkopimcam Kec. Sekotong dan KNPI Lobar, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (14/2/2023).

Banjir bandang yang terjadi pada hari Senin (13/2/2023) pada dini hari sekitar pukul 03.00 WITA tersebut mengakibatkan enam desa terdampak di wilayah Kecamatan Sekotong. Enam desa tersebut adalah Desa Sekotong Tengah, Desa Buwun Mas, Desa Persiapan Empol, Desa Persiapan Pengantap, Desa Taman Baru dan Desa Persiapan Belongas. Desa paling parah akibat banjir bandang ini adalah Desa Buwun Mas dengan korban meninggal dunia 1 orang atas nama Sahira (8) tahun warga Dusun Sepi yang juga siswa SDN 1 Buwun Mas.

Sebelum menyerahkan bantuan bagi warga terdampak banjir bandang Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun beserta rombongan terlebih dahulu melayat ke rumah almrh. Sahira di Dusun Sepi Desa Buwun Mas. Korban meninggal akibat tertimpa tembok keliling rumah saat banjir bandang terjadi. Sumiatun menyampaikan bela sungkawa yang mendalam kepada keluarga korban atas musibah yang dialami. "Kami dari Pemda dan pribadi mengucapkan ikut berbelasungkawa atas meninggalnya ananda dan kepada keluarga agar sabar dan tabah menghadapi musibah ini", sampainya.

Sementara saat menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang secara simbolis di Dusun Kebeng Desa Persiapan Pengantap, Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun menyampaikan bahwa semua unsur Pemda Lobar ikut prihatin atas musibah banjir bandang yang melanda 6 Desa di Kecamatan Sekotong. Sehingga hari ini Pemda menyalurkan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak  banjir baik berupa beras, makanan siap saji, air kemasan dan lain-lain. "Kami semua unsur Pemda hari ini turun ke masyarkat yang mengalami musibah banjir, kami prihatin atas musibah ini", sampainya.

Hj. Sumiatun dalam kesempatan ini mengajak kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan terutama kesaluran air. Wakil Bupati juga berharap agar masyarakat selalu menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan. "Mari kita jaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan", tutupnya.

Sementara itu Kalak BPBD Kab. Lombok Barat Mahnan menyampaikan jumlah data warga terdampak banjir bandang di wilayah Desa Buwun Mas, Desa Persiapan Pengantap dan Desa Persiapan Belongas sebanyak 948 kepala keluarga atau 2.905 jiwa. Untuk hari pendistribusian bantuan difokus di 3 wilayah Desa kawasan selatan karena paling parah dampaknya. "Hari ini kami salurkan bantuan ke Desa wilayah selatan terlebih dahulu", jelasnya.

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close