Breaking News

Tutup Tahun 2022, Lobar Adakan Nyampah Kearsipan dan Literasi


Lombok Barat -  Mengakhiri tahun 2022, Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah menyelenggarakan kegiatan Nyampah kearsipan dan literasi 2022. 


Kegitan ini dilaksanakan di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan  Daerah pada hari Jumat (23/12/2022). Hadir dalam kegiatan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Asisten I Daerah Agus Gunawan, Kepala OPD lingkup Pemkab Lobar, Ketua BAZNAS Lobar, Kepala Sekolah SDN 1 Beleka dan karyawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah serta pegiatn Literasi se Lombok Barat.


Nyampah adalah kata bahasa Sasak yang memiliki arti sarapan. Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Lobar mengadakan kegiatan sarapan bersama dengan masyarakat Lobar dalam rangka refleksi akhir tahun Disarpus Lobar terkait literasi 2022.


Bupati Lombok mengatakan bahwa ia salut kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan  Daerah Lobar karena telah menjadi salah satu dinas yang memiliki minim anggaran, tetapi dapat mengadakan banyak kegiatan.


 "Kegiatan-kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan literasi di masyarakat. Tentunya Disarpus mampu melaksanakan dengan saling berkolaborasi dan bekerjasama dengan para stakeholder," tambahnya. 


Bupati dua periode ini juga mengatakan bahwa pada tanggal 27-29 Desember mendatang akan ada festival kuliner yang diadakan di Kebon Ayu. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. 


"Tujuan saya menyampaikan hal tersebut pada kegiatan ini adalah karena disela festival kuliner tersebut diadakan lomba menulis puisi dan cerita tentang makanan, oleh karena itu saya meminta kepada Kepala STP Mataram untuk berkoordinasi dengan Kadis Disarpus," jelasnya. 


Kepala Disarpus menyampaikan bahwa selama tahun 2022 Disarpus telah mengadakan kegiatan sosialisasi berupa diskusi, bedah buku serta workshop.


 "Kegiatan itu hampir setiap bulan kami laksanakan dan InsyaAllah tahun depan kami akan tetap rutin melaksanakannya," tegasnya. 


H. Saiful Akham juga mengatakan bahwa kegiatan di Disarpus dapat terlaksana berkat bantuan dari komunitas-komunitas dan juga Gramedia yang telah memberikan buku-buku kepada Kab. Lobar

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close