Breaking News

Pemkab Sleman Studi Tiru Tentang Pariwisata dan Informasi ke Lombok Barat


Lombok Barat -Pemerintah Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan studi tiru ke Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan ini dilakukan Selasa, 13 Desember 2022 di Ruang Rapat Jayengrana, Kantor Bupati Lombok Barat.

Rombongan Pemkab Sleman dipimpin langsung oleh Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo, Ketua Dekranasda Sleman Sri Purnomo, Asisten Setda Sleman, Kadis Kominfotik Sleman dan Jajaran protokol. Sementara itu dari Lombok Barat hadir Sekda Lombok Barat H. Ilham, Ketua Dekranasda Lombok Barat Hj Khaeratun Fauzan Khalid, Asisten II Setda Lombok Barat Rusditah, S.Sos dan sejumlah Kepala Bagian dan Kepala Bidang di Lombok Barat.

Dalam pemaparannya Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo menyampaikan kekagumannya terhadap Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa Lombok Barat memiliki keindahan alam yang eksotis dan dikelola dengan baik.

Hal ini menjadi salah satu tujuan kami datang ke Lombok Barat yaitu untuk mempelajari tentang pariwisata dan informasi di Kabupaten Lombok Barat.

"Kami sebelumnya juga sudah pernah ke Lombok Barat dan kami kagum terhadap potensi wisata dan pengelolaan wisata Lombok Barat. Karenanya kami kembali lagi ke Lombok Barat" ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H. Ilham menyampaikan bahwa Lombok Barat memiliki beragam potensi wisata. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Lombok Barat.

Namun demikian H. Ilham menyampaikan dari segi pengelolaan wisata tentu Kabupaten Sleman lebih baik. Sehingga pihaknya akan menjabarkan tentang potensi wisata yang dimiliki Lombok Barat dan berbagai kesenian serta tradisi budaya di Lombok Barat. Hal ini menurut H. Ilham menjadi daya tarik wisata Lombok Barat sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Kami memiliki potensi wisata yang beragam dan tersebar di semua wilayah Lombok Barat yaitu di wilayah utara dan wilayah selatan. Potensi wisata ini juga dilengkapi oleh tradisi budaya dan kesenian yang menjadi daya tarik wisatawan" ujarnya.

Dalam kesempatan ini Mantan Asisten III Setda Lombok Barat juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Pemkab Sleman yang dipimpin langsung oleh Bupati Sleman. Hal ini adalah suatu kebanggaan bagi kami di Lombok Barat.

Ia berharap agar kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi Sleman dan Lombok Barat. Kunjungan ini menurutnya akan memberikan pendapatan asli daerah bagi Lombok Barat.

Sementara itu Ketua Dekranasda Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid menyampaikan terima kasih kepada pemkab Sleman atas kunjungannya ke Lombok Barat. Ia menyampaikan bahwa Dekrnasda dan PKK Lombok Barat tahun 2020 lalu juga sempat akan berkunjung ke Sleman namun kunjungan ini tertunda karena pandemi covid19.

Dalam kesempatan ini Hj. Khaeratun menyampaikan bahwa Lombok Barat memiliki sejumlah motif tenun khas yang terkenal hingga ke mancanegara.

"Kami memiliki sejumlah sentra tenun seperti tenun gumise, tenun kebon ayu, tenun marje yang memiliki motif motif khas Lombok Barat. Kerajinan tenun ini menjadi potensi yang menggerakkan ekonomi masyarakat Lombok Barat" ujarnya.

Setelah acara rombongan dari pemkab Sleman diajak oleh ketua Dekranasda untuk berkunjung ke sejumlah stand UMKM di sekitar lokasi kunjungan. Rombongan dari Sleman pun mengagumi hasil karya UMKM dan membeli sejumlah produk UMKM Lombok Barat. 

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close