Breaking News

Maksimalkan Pendataan Awal Regsosek, BPS Lobar Lakukan Pendataan Malam di Pelabuhan


Lombok Barat - Pelaksanaan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi telah dimulai sejak 15 Oktober 2022 lalu dan akan berakhir 14 November 2022. Tim regsosek telah menyebar di seluruh desa di Lombok Barat untuk melakukan pendataan awal. Terbaru, tim regsosek BPS Lombok Barat melakukan pendataan malam di wilayah Pelabuhan Lembar dan pelabuhan Gili Mas yang dilaksanakan Sabtu 29 Oktober 2022 malam hingga Ahad 30 Oktober 2022 pagi. 


Kepala Badan Pusat Statisik Kabupaten Lombok Barat Lalu Supratna saat ditemui di Media Center Diskominfotik Lombok Barat beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pendataan malam ini dilakukan untuk memaksimalkan dan mempercepat pelaksanaan pendataan awal regsosek 2022. Hal ini agar terget waktu pelaksanaan regsosek sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. " Tentu pendataan malam di wilayah pelabuhan ini agar proses pendataan awal bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang ada"ujarnya.


Ia mengatakan bahwa pendataan malam di wilayah pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Gili Mas ini akan menyasar para pekerja pelabuhan termasuk para pedagang yang ada di dalam pelabuhan. Selain itu juga kegiatan pendataan malam akan menyasar kapal yang sedang sandar di pelabuhan. Hal ini untuk melakukan pendataan terhadap ABK (Anak Buah Kapal) yang tidak pulang dalam waktu lama. "Petugas akan naik ke kapal kapal yang sandar di pelabuhan untuk melakukan pendataan awal regsosek 2022" ujarnya. 


Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Lombok Barat, Ahad Legiarto mengatakan bahwa Pemerintah Daerah mendukung penuh pelaksanaan regsosek ini. Hal ini penting agar data sosial ekonomi bisa terus update dan akurat sehingga sesuai dengan kondisi terkini. Ia mengatakan bahwa regsosek ini merupakan prioritas pemerintah. Karenanya memerlukan dukungan dan komitmen seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini. "Partisipasi aktif seluruh masyarakat untuk menerima kedatangan petugas Regsosek di rumah serta menjawab pertanyaan dengan benar dan jujur juga sangat dibutuhkan untuk menghasilkan data yang akurat dan berkualitas" ujarnya. 


Ahad Legiarto mengatakan Pendataan awal Regsosek merupakan pendataan seluruh penduduk yang mencakup seluruh profil dan kondisi sosial ekonomi. Informasi yang dikumpulkan dalam pendataan ini, di antaranya adalah kondisi sosioekonomi geografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, dan informasi sosial ekonomi lainnya.


 "Cakupan Pendataan Awal Regsosek adalah seluruh keluarga di 514 kabupaten/kota se-Indonesia termasuk di Lombok Barat dan karena kita juga memiliki kawasan pelabuhan, tim regsosek. Melakukan pendataan malam untuk memaksimalkan pelaksanaan regsosek 2022 ini" ujarnya. 

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close