Breaking News

Wabup Hj. Sumiatun : Mari Kita Dukung Pengembangan UMKM dan Desa Wisata


Lombok Barat - Wakil Bupati Lombok Barat membuka kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan dan Sertifikasi, Registrasi Pangan Segar asal Tumbuhandi Wisata Kuliner Kebon Ayu Jumat (12/08/2022). 

Kegiatan sosialisasi yang diawali dengan senam bersama ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun, Kepala OPD Lombok Barat, Camat Gerung, Kepala Desa serta masyarakat Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lombok Barat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Lombok Barat ini.

Menurutnya kegiatan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan masyarakat dalam hal keamanan pangan serta sertifikasi dan registrasi Pangan segar.

Selain itu menurut Hj Sumiatun kegiatan ini juga dapat memberikan pemahaman yang baik tentang gizi makanan dan pebelian makanan berupa sayur dan buah yang aman dan segar.

"Kegiatan seperti ini memiliki manfaat dan pengaruh yang signifikan di masyarakat. Saya harapkan agar kita semua memperoleh tambahan ilmu dan pengetahuan yang lebih luas" ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Bupati yang terkenal merakyat dan sering ke pasar tradisional ini memerintahkan kepada semua OPD untuk mendukung pengembangan UMKM dan Desa Wisata.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan sosialisasi dan kegiatan lainnya di destinasi desa wisata yang ada di lobar seperti yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Lombok Barat.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan pengaruh signifikan kepada masyarakat kecil khususnya pelaku UMKM sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat Lombok Barat.

"kegiatan kegiatan seperti ini bagus jika dilakukan di desa wisata sehingga dapat mengembangkan UMKM serta menggerakkan ekonomi masyarakat lobar" ujarnya.

Sementara itu kepala dinas  Ketahanan Pangan  Damayanti Widyaningrum menjelaskan bahwa maksud sosialisasi ini adalah memberikan jaminan mutu keamanan pangan , memberi jaminan dan perlindungan masyarakat/konsumen serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk.

"Sayur dan buah yang biasa dikonsumsi langsung oleh masyarakat sehingga untuk menjamin mutu pangan segar asal tumbuhan yang beredar harus dilakukan pengawasan, mulai dari tahapan produksi, panen, pasca panen, proses distribusi sampe ke konsumen dan pengawasan mutu dilakukan oleh dinas ketahanan pangan"jelasnya.

Untuk pendaftaran agar mendapatkan sertifikat diantaranya petani, Gapoktan, kelompok tani, pelaku usaha mikro dan kecil yang dimana banyak pangan segar asal tumbuhan di lombok barat untuk kita sebagai konsumen harus cerdas dalam memilih pangan yang segar dan aman.

Dalam kegiatan ini Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun menyerahkan sertifikat Prima 3 kepada Rasudi, Petani Asal Kebon Ayu Gerung.

Sertifikasi Prima 3 ini maksudnya Produk yang dihasilkan aman dikonsumsi dengan pengujian residu pestisida dan residu logam berat.

Dalam kegiatan ini Hj Sumiatun juga berdialog dan berbelanja secara langsung di pedagang makanan tradisional di desa wisata kebon ayu. Selain itu Wabup juga berkeliling melihat kebun produksi melon di desa wisata kebon ayu.  

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close