Breaking News

Pertama di NTB, Aspel Lombok Barat Berhasil Ciptakan Mesin Minger


Lombok Barat - Satu lagi prestasi membanggakan dimiliki oleh Lombok Barat dibawah kepemimpinan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan Wakil Bupati Hj. Sumiatun. Berkat tangan dingin dan motivasi motivasi yang disampaikan oleh Bupati Fauzan di setiap kesempatan, para perajin Logam Lombok Barat yang tergabung dalam Aspel Lombok Barat berhasil menciptakan mesin bernama minger.

Mesin minger ini merupakan produksi asli putra putra terbaik Lombok Barat. Mesin ini merupakan mesin yang bekerja secara otomatis untuk membentuk pola atau desain pada plat logam. Mesin minger ini digunakan untuk membuat dan memproduksi kelengkapan mesin mesin yang terbuat dari plat logam secara masal.

Selain itu mesin minger ini juga dapat digunakan untuk membuat ornamen atau pola pada gerbang atau pagar. Mesin otomatis yang dioprasikan menggunakan sidik jari dan android ini dibuat oleh Asosiasi Pengusaha Logam Lombok Barat yang memiliki Tempat produksi utama di Kecamatan Lembar.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid yang sering bertemu dan memotivasi para pengusaha dan perajin logam ini sangat bangga dengan mesin minger yang diproduksi oleh Aspel Lombok Barat. Menurut Fauzan karena mesin ini merupakan satu satunya di NTB, maka semua warga Lombok Barat patut bangga dan mengapresiasi mesin minger ciptaan dari Aspel Lombok Barat.

Ia mengatakan mesin minger ini menjadi bukti bahwa Lombok Barat mampu menciptakan mesin produksi dan bukan hanya wacana saja. "Ini tentu menjadi kebanggaan Lombok Barat karena di NTB hanya Lombok Barat yang bisa membuat mesin minger ini. Kita apresiasi dan bangga atas karya putra putra terbaik kita" ujarnya.

Bupati Fauzan mengatakan bahwa mesin ini menjadi kebanggaan Lombok Barat. Pihaknya akan mendukung program ini dengan meminta OPD terkait untuk membeli mesin mesin produksi atau mesin mesin yang akan disalurkan ke masyarakat dari Aspel Lombok Barat. Hal ini menjadi penting agar produksi mesin yang dibuat oleh Aspel Lombok Barat dapat berkembang dan terus berproduksi. Ia mengatakan bahwa hal ini sudah ditunjang oleh regulasi berupa perbup untuk menggunakan produk lokal Lombok Barat. "Tentu kita berbangga tas karya ini dan saya ingin karya putra dan putri Lombok Barat terus berkembang. Karenanya kedepan kami akan mengarahkan OPD OPD terkait untuk membeli mesin produk lokal yang kualitasnya tidak jauh dengan mesin mesin produksi yang dibeli di luar pulau Lombok. Tentu harus tetap menjaga kualitas dan mutu mesin yang diproduksi" ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto yang ikut bersama rombongan Bupati meninjau mesin Minger ini mengatakan Pemkab Lombok Barat berkomitmen untuk menggunakan produk lokal Lombok Barat. Hal ini merupakan kebijakan yang telah dituangkan oleh Pemkab Lobar dalam bentuk regulasi peraturan bupati.

Menurutnya dengan kebijakan ini industri kecil dan menengah (IKM) dapat berkembang dan maju. Namun demikian tentu Pemkab berharap IKM di Lombok Barat dapat menjaga mutu dan kualitas mesin yang diproduksi. Ia mengatakan bahwa mesin Minger ini menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi Lombok Barat. "Ini tentu menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik dan berinovasi untuk Lombok Barat. Semoga akan muncul inovasi inovasi baru dari pemuda Lombok Barat. Selain itu Hasil produksi mesin baik yg mendukung produksi alat pertanian, alat produksi penglohan industri pangan dan container truck sampah telah masuk di etalase _e- Catalog_ LKPP,. Sehingga kebutuhan Pemerintah dapat melakukan pengadaan ya melalui _*e_catalog*_" ujarnya.

Sementara itu tim teknis dan supervisi Kementrian Perindustrian Suluh Ari Wibowo mengatakan bahwa mesin minger yang diproduksi oleh Aspel Lombok Barat ini sudah memenuhi standart. Ia mengatakan bahwa produksi mesin minger ini sangatlah cepat dan kualitasnya sangat baik. Pihaknya memberikan apresiasi bagi Aspel Lombok Barat dan ini menjadi progres terbaik dan tercepat untuk produksi mesin yang ia supervisi. Pihaknya akan menindaklanjuti dan melaporkan progres yang baik ini kepada pihak kementerian agar memperoleh dukungan penuh dari kementrian. "Ini luar biasa rekan rekan di Lombok Barat ini. Progres pembuatan mesinnya cepat dan kualitasnya ok. Ini luar biasa dan kami apresiasi serta angkat topi bagi IKM Lombok Barat dan Pemerintah Daerah atas dukungannya" ujarnya.

Hadir dalam pemantau mesin minger ini Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Kadis Perindag Muhur Zuhri, Kadis Kominfotik Ahad Legiarto, Camat Lembar, Sekretaris dan Kabid Disperindag, Agus Putrawan dan pengurus Aspel Lombok Barat. Mesin Minger ini memiliki teknologi canggih dan dapat memproduksi berbagai pola atau desain yang dibutuhkan. Mesin ini nantinya akan dipasarkan kepada para perajin besi dan logam di NTB. 

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close