Breaking News

Bupati Lobar : Mahasiswa KKN Berperan Dalam Meningkatkan IPM Lombok Barat


Mataram- Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid Menghadiri Acara Pembekalan Mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) UIN Mataram di Auditorium UIN Mataram Kampus Dua, Rabu (29/06/2022).

Acara ini juga di hadiri oleh Ketua LP2M UIN Mataram Hj. Atun Wardatun, Sekertaris LP2M UIN Mataram Muhammad Sa’i, dan seluruh mahasiswa dan mahasiswi yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Partisipatif (KKP).

Dalam pengarahan yang disampaikan dihadapan mahasiswa, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengatakan bahwa mahasiswa memiliki peran yang besar dalam meningkafkan IPM Kabupaten Lombok Barat.

Ia meyakini kenaikan IPM Lombok Barat yang cukup signifikan ini merupakan Kontribusi dari para mahasiswa yang melaksanakan  KKN maupun KKP di Lombok Barat. Karenanya ia meminta kepada Mahasiswa UIN yang akan melaksanakan KKP di Lobar  dapat membantu Pemerintah Derah dalam meningkatkan IPM Lombok Barat.

"Dengan adanya mahasiswa yang turun ke desa-desa di harapkan dapat memotivasi anak - anak dan warga sekitar untuk lebih mementingkan pendidikan dan termotivasi untuk sekolah sehingga angka Indeks pembangunan manusia dapat meningkat"ujarnya.

Bupati dua periode yang berhasil membawa Lombok Barat meriah sejumlah prestasi membanggakan ini berharap agar peserta KKP bisa ikut berkontribusi menurunkan angka stunting di Lombok Barat. Hal ini penting karena stunting ini menjadi perhatian semua pihak saat ini.

Ia mengatakan mahasiswa dapat berperan aktif dengan cara memberikan sosialisasi dan kampanye tentang makanan sehat sebagai salah satu upaya mencegah stunting. Ia juga meminta kepada mahasiswa untuk mensosialisasikan ke masyarakat untuk menghindari pernikahan dini melalui gerakan anti merariq Kodeq. Hal ini juga menjadi salah satu upaya mencegah stunting di masyarakat.

"Karena angka stunting di Lombok Barat masih berada di angka sekitar 20% dan stunting juga merupakan program prioritas dari presiden indonesia kami minta adek adek mahasiswa untuk membantu kami melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk mengatasi stunting ini"ujarnya.

Lebih lanjut Fauzan Khalid memberika motivasi kepada seluruh mahasiswa UIN agar terus berusaha dan istiqomah. Hal ini penting untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa konsistensi dan pola pikir yang baik menjadi kunci sukses dalam kuliah. Karena ia meminta kepada mahasiswa untu banyak bergaul dan membaur bersama masyarakat saat berada di wilayah KKN atau KKP. Hal ini penting agar mahasiswa dapat mengetahui berbagai perkembangan dan isu isu strategis di masyarakat dan dapat memberkan solusi yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat.

"Kita butuh konsistensi untuk menuju sukses. Yang menentukan keberhasilan seseorang itu adalah istiqomah atau konsisten. Selain itu sebagai mahasiswa kita juga harus membaur bersama masyarakat di lokasi KKN untuk dapat mengetahui berbagai perkembangan dan agar kita dapat memberikan solusi terhadap berbagai perkembangan dan masalah yang ada di masyarakat. Hal ini juga menjadi tempat kita latihan dalam memberikan manfaat bagi masyarakat luas"ujarnya.


Sementara itu Ketua LP2M UIN Mataram Hj. Atun Wardatun mengatakan Kegiatan ini merupakan  pembekalan untuk seluruh mahasiswa  Universitas Islam Negeri Mataram yang melaksanakan Kuliah Kerja Partisipatif di wilayah Lombok Barat. Peserta Kuliah Kerja Partisipatif ini  sekitar 2500 orang yang di dominasi oleh mahasiswi sebanyak 1700 orang.

Ia mengatakan bahwa dengan kehadiran langsung dari Bupati Lobar pada kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa agar melaksanakan Kuliah Kerja Partisipatif ini dengan baik dan konsisten. "Tentu dengan kehadiran dan pengarahan yang diberikan menjadi motivasi bagi semua mahasiswa yang akan melaksanakan KKP di Lombok Barat"ujarnya

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close